Jumat, 17 Juni 2011

Seminar Refleksi Sumpah pemuda (SMP/SMK Al-Shighor dan KNPI Kab. Cirebon)

Refleksi Sumpah Pemuda
OSIS SMP/SMK AL-SHIGHOR Ponpes. Gedongan Pangenan Cirebon
Pemuda yang dalam term arab sering dikenal dengan term syu’ub atau qaum sebagaimana disebutkan dalam al-qur’an kata syu’ub sebanyak 2 kali.dan padanan kata lain yang menunjuk pada urgenitasnya (pemuda) dalam berbagai hal, bahkan permasalahan bangsa yang sedemikian besarnya di bebankan pada punggung seorang pemuda, termasuk permasalahan agama di sematkan dan di mandatkan pada seorang pemuda.
Kalau kita kembali mempotret perjalanan kemerdekaan bangsa indonesia itu pun tidak lepas dari peranan pemuda bahkan r3frsejatinya indonesia merdeka adalah karena pemuda hal ini dibuktikan dengan di dahuluinya sumpah pemuda pada tanggal 28 oktober 1928 sebagai janji setia para pemuda kepada tanah airnya sebelum peristiwa proklamasi kemerdekaan indonesia yang baru secara resmi yakni pada tanggal 17 agustus 1945.
Berangkat dari perjalanan sejarah bagaimana peranan pemuda yang sedemikian urgennya dimana setiap momentum penting sejarah bangsa tidak lepas dari eksistensi pemuda di dalamnya. Olehkarena itu osis SMK al-shighor yang melakukan kerja bareng dengan osis smp al-shighorgedongan mengadakan Refleksi sumpah pemuda sebagai upaya mengingatkan kembali kepada pemuda masa sekarang yang mulai terlena dengan budaya luar dan mulai melupakan sejarah bangsanya. Sebagaimana yang dikatakan oleh ro’fat hamzie salah seorang panitia seminar refleksi sumpah pemuda yang juga menjabat sebagai ketua osis SMK Al-shighor periode 2010-2011 “refleksi ini bertujuan dalam upaya mengingatkan kembali dan menjadi obor penyemangat bagi para pemuda sekarang untuk terus maju dan mengisi kemerdekaan Indonesia dengan hal-yang positif.
Dalam acara seminar ini sebagai narasumber yakni Bapak H. Wawan Arwani Amin M.A (wakil ketua tanfidiyah NU kab.Cirebon) yang dalam paparan materinya menjelaskan tentang bagaimana pemuda sekarang dan peranannya dalam mengisi kemerdekaan. Dimana mengatakan bahwa kesuksesan seorang pemuda sekarang dan kedepan yang menjadi tolak ukurnya adalah 3 hal yakni kesuksesan studi yang dilakukan di sekolah masing-masing yang kedua adalah kesuksesan secara idealisme yakni dengan banyak melakukan kegaiatan atau ikut pada organisasi semacam osis dan organisasi kepemudaan lainya dan ketiga adalah sukses secara cinta karena tidak dapat dipungkiri bahkan hal ini merupakan faktor dominan yang melanda pemuda..dan sebagai pembanding yakni bapak dari unsur KNPI dan pemateri ketiga yakni kepala sekolah MA Al-Shighor Bpk. Aghuts Muhaimin. Dan sebagai Moderator Ahmad Romzie Aktifis PMII Ciputat
dengan 100 Peserta dari Sekolah2 Se-Kab. Cirebon
tanggal 31-10-2010


Oleh : Syulton Alfarisi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar